Sabtu, 23 September 2017

RPP Matematika Kelas VIII K-13 Versi 2017



FORMAT
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan                              : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran                                    : Matematika
Kelas/Semester                                    : VIII/I
Materi Pokok                                      : Pola Bilangan
Alokasi Waktu (Pertemuan)                : 2 JP x 1 Pertemuan

A.  Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


B.  Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Membuat generalisasi dari pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek

3.1.1 Menjelaskan konsep pola bilangan
3.1.2. Menjelaskan konsep pola barisan bilangan
3.1.3.Mengidentiikasi pola pada barisan bilangan
3.1.4. Menentukan pola selanjutnya jika pola sebelumnya diketahui
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
4.1.1 Menyelesaikan pola pada barisan bilangan
4.1.2 Mempresentasikan pola pada barisan bilangan




C.  Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui tayangan power point tentang pola bilangan  peserta didik diharapkan :
1.      Dapat mengenal dan mengetahui ciri – ciri pola bilangan dan barisan
2.      Dapat memahami pengertian pola bilangan dan barisan
3.      Dapat membuat contoh yang berkaitan dengan pola bilangan dan barisan
D.  Materi Pembelajaran

1.      Materi Pembelajaran reguler
·         Pola pada barisan bilangan
·         Pengertian pola pada barisan bilangan
·         Pola barisan konfigurasi obejek
2.      Materi pembelajaran pengayaan
·         Pola pada barisan  bilangan dan barisan konfigurasi objek
3.      Materi pembelajaranp remedial
·         Pola barisan konfigurasi obejek

E.  Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran
Pendekakatan        : Saintifik
Model                    : Card short
Metode                  : Diskusi, Tanya Jawab, Ceramah


F.   Media dan Bahan
Media        : LCD, Audiovisual yang berkaitan dengan Pola Bilangan, Kertas plano
Bahan        : Kelereng, batang korek api
Sumber Belajar

G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1:

No
Kegiatan
Langkah-langkahPembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
1.        Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.          Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.          Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
4.          Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan yang ditayangkan
5.          Guru bertanya mencari informasi tentang penerapan pola pada barisan bilangan  dalam kehidupan sehari-hari dan peserta didik menjawab dengan prediksi masing-masing
6.          Guru mengaitkan pola pada barisan bilangan yang diajarkan dengan kehidupan nyata
10 Menit
2
Inti
1.      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok
2.      Peserta didik mengamati gambar berpola yang ditampilkan dalam power point. ( Mengamati )
3.      Peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan pola/keteraturan yang ada dalam gambar. Misalnya ”Bagaimana polanya?”( Menanya )
4.      Peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan pola/bilangan berikutnya. Misalnya ”Bagaimana bentuk selanjutnya?” atau “Berapa bilangan selanjutnya?”( Menanya )
5.      Peserta didik secara berpasangan mencermati pola-pola yang ada dalam kegiatan 1 LKS 1 (Lampiran 1).( Mencoba )
6.      Peserta didik secara berpasangan membuat pola bilangan dengan menggunakan media korek api dan kelereng ( Mencoba )
7.      Peserta didik secara berpasangan mencoba merumuskan cara untuk menyelesaikan permasalahan terkait pola yang ada pada LKS 1. ( Menalar )
8.      Peserta didik menyimpulkan pola yang ada dalam kegiatan 1 LKS 1 (Lampiran 1).
9.      Peserta didik menuliskan lanjutan pola atau lanjutan bilangan pada LKS 1.
10.  Salah satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/pekerjaannya.
11.  Peserta didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan,  meliputi: bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
12.  Guru memberi umpan balik atau konfirmasi.
80 menit
3
Penutup
1.     Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
2.     Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
3.     Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan pola bilangan

10 menit


H.    PENILAIAN
1.         Teknik Penilaian
Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan

No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1
Sikap spiritual
Observasi
Pada saat siswa menyelesaikan tugas dalam kelompok heterogen maupun berpasangan
Kegiatan inti pada semua nomor, kecuali nomor 1 dan 2
2
Sikap gotong royong: keaktifan dalam kerja kelompok
Observasi
Pada saat siswa belajar dalam kelompok
Kegiatan inti nomor 3
3
Sikap rasa ingin tahu : suka bertanya
Observasi
Pada saat kegiatan secara klasikal maupun kelompok
Kegiatan inti nomor 1,2, 3,4, 5, 6, 7, 8, 10
4
Sikap tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan masalah matematika
Observasi
Pada saat menyelesaikan masalah
Kegiatan inti nomor 5,6, 7, 8
5
Pengetahuan:
Menjelaskan pengertian deret aritmetika
Tes Tertulis
Penutup
6
Pengetahuan :
Menjelaskan makna dari rumus jumlah n suku pertama pada deret aritmetika
Tes Terrtulis
Penutup
7
Keterampilan :
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan deret aritmetika

Tes Tertulis, Penilaian Produk
Pada saat siswa menye-lesaiakn LK dan hasil kerja kelompok yang dipajang
Kegiatan inti nomor 6, 7, 8,9,10

2.      Instrumen penilaian:
a.      Soal tertulis pada kegiatan penutup, dikerjakan secara individu dalam waktu maks. 10 menit
Soal-1:
Nyatakan dengan kata-katamu sendiri, apa yang dimaksud pola dan barisan bilangan. Berikan satu contoh pola bilangan.
Soal-2:
Tuliskan lima suku berikutnya pada pola dan barisan bilangan berikut :
3, 5, 7,
Terapkan pola diatas untuk membuat contah pola yang lain .
Alternatif penyelesaian:
Soal-1:.
Pola bilangan
4, 6, 8, 10, ....
Soal-2:
12, 15, 18, ...

Pedoman Penskoran
No Soal
Aspek Penilaian
Skor
1
Pernyataan benar
40

Sebagian pernyataan benar
20

Pernyataan sama sekali salah
10
2
Rumus yang ditulis dan penerapannya benar
60

Salah satu dari rumus yang ditulis atau penerapannya benar
30

Rumus yang ditulis dan penerapannya salah
10

Skor Maksimal
100

Skor Minimal
20


1.      Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a.    bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b.    belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c.    pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.

2.      Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal PAS.


Mengetahui                                                     …..……..............……… 2017
Kepala MTs ...                                                 Guru Mapel Matematika



…………….......……..                                               ………………………
NIP.                                                                NIP.






































LAMPIRAN 1

Lembar Kerja Siswa (LKS) 1
Pokok Bahasan               : Pola Bilangan Bulat dan Pola Bilangan Segitiga
Hari/Tanggal                  : ............................/.......................................
Alokasi Waktu               :
Kelas                               : VIII
No Kelompok/Nama     : ........./....................................


Kegiatan 1
1.        Amati banyaknya persegi pada gambar berikut.

                                                                               
                                                                                     
2.        Tuliskan banyaknya persegi pada tiap-tiap bangun
Jawab :
....., ......, ....., ......

3.        Dapatkah kalian menemukan pola keteraturan? Dengan pola tersebut gambarkan bangun berikutnya.


               
           ......................   .....................
(i)                     (ii)                 (iii)                         (iv)                               (v)                         (vi)                                          
 
 









4.        Tanpa menggambar dapatkah kalian menentukan banyaknya persegi untuk bangun berikutnya?
Jawab :
1, 3, 5, 7, ....., ......, ....., ......


Catatan :
Urutan bilangan di atas yang kalian temukan disebut barisan bilangan

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar